Breaking

Friday, February 16, 2018

APEL KUA AKSI ( AKSI PELAYANAN KUA )


 LATAR BELAKANG

         APEL adalah sebuah akronim,yang diracik dari hasil curah gagasan dan diskusi mini atas gagasan Bapak Kasi Bimais Kemenag Kabupaten Situbondo. Beliau punya cita-cita besar,agar KUA punya kegiatan yang menyentu langsung kepada masyarakat. Dan kegiatan tersebut diberi nama APEL KUA, yaitu Aksi Pelayanan KUA berupa layanan informasi terhadap masyarakat.
Untuk memberikan kepuasan layanan informasi terhadap masyarakat, KUA sebagai ujung tombak Kementerian Agama di tingkat Kecamatan perlu kiranya memberikan aksi pelayanan yang lebih efektif dan efesien yang meliputi nikah dan rujuk, kemasjidan,keluarga sakinah, waris, produk halal, zakat, wakaf, ibadah sosial, arah kiblat,  haji dan umroh, serta mensukseskan program Kasi Bimais Kemenag Kabupaten Situbondo pada khususnya.Untuk itu seluruh Kepala KUA/Penghulu Sekabupaten Situbondo akan mengadakan APEL(Aksi Pelayanan) KUA sebagai bentuk kegiatan pelayanan informasi terhadap masyarakat.Ini merupakan bentuk keseriusan APEL KUA terhadap peningkatan pelayanan publik, dan tentunya ini adalah tindak lanjut dari lahirnya UU keterbukaan Informasi Publik(KIP)Nomor 14 Tahun 2008 dan UU Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009.
Kegiatan ini dilaksanakan seminggu sekali,yang berpusat di Alun-alun Situbondo dengan tehnik layanan informasi dan silalaturrahmi bincang santai.Kegiatan ini, didesain dengan gambaran sebuah warung lesehan yang menjual makanan dan minuman.Sehingga pengunjung merasa betah dan puas menikmatinya, dan kegiatan ini diharapkan dapat memberi dampak positif terhadap masyarakat dalam mencetak masyarakat madani dalam berbangsa dan bernegara.

                                                                                                                                            MENU LAYANAN                                                                      HARGA

A.    KOPI (Konsultasi Proses Istbat)                                                          0,0 Rupiah
B.     KARAK(Kunsultasi Arah Kiblat)                                                          0,0     
C.    CEPAK(Chek Up Pranikah)                                                                 0,0     
D.    SOSISKU(Solusi Islam Seputar Keluarga)                                         0,0     
E.     LEMPER(Layanan Edukasi Masalah Perkawinan)                           0,0     
F.     TEH ZAWA(Tentang Haji Zakat Dan Wakaf)                                       0,0     
G.    TAJIN KOWA(Tanya Jawab Interaktif Dan Konsultasi Waris)            0,0      “        


  COSTUMER SERVICE
Semua Kepala KUA/Penghulu Sekabupaten Situbondo

SASARAN
Semua masyarakat,baik secara indvidu atau berbentuk badan hukum.

TUJUAN


A. Memberikan pemahaman, artinya para pemangku pelayanan mengupayakan   pencerahan kepada masyarakat (klein). Sehingga mereka mengerti secara tuntas           terhadap problem yang dialami. 

B.    Memberikan solutif,artinya mencarikan jalan keluar yang positif dan bersifat rahmatan   lil   alamin. Sehingga dapat menyingkirkan persoalan yang secara potensial dapat           mengganggu perkembangan kehidupannya.

C.    Memberikan bekal pengetahuan,agar selanjutnya dalam bertindak dan mengambil         keputusan bagi persoalan yang dihadapi lebih arif dan bijaksana.

JADWAL PIKET
Semua Kepala KUA/Penghulu Sekabupaten Situbondo

TIM AHLI

A.    KOPI (Konsultasi Proses Istbat) 
 Drs.H.KASPON,M.H.I                                                              
 IMAMUL MUTTAQIN,M.H.I
 H.BUHADI,M.H.I
                                                     
B.    KARAK(Kunsultasi Arah Kiblat)
 Drs,MOH.SALEH,M.H.I 
JOS KHALIFAN,S.Ag 
 H.ABD.MUKTI,M.H.I
                                                                                                                         
C.   CEPAK(Chek Up Pranikah)
 Drs.H.TAJRI AHMAD,M.H.I
 Drs.MASKUR
 H.ABD.RASID,M.H.I                                                               
                                          
D.   SOSISKU(Solusi Islam Seputar Keluarga)
H.ABD.MUKTI,M.H.I
HASAN JAZULI,M.H.I
JOS KHALIFAN,S.Ag   
                                                                                             
E.   LEMPER(Layanan Edukasi Masalah Perkawinan)
IMRAN HANAFI,S.Ag
H.BUHADI,M.H.I 
ERFANDI,SH                                                                                                                                 
F.    EH ZAWA(Tentang Haji Zakat Dan Wakaf)
Drs.H.ALI TAJAB,M.Pd.I
H.MUHAMMAD HOLID,M.H.I
H.BUHADI,M.H.I 

G.    TAJIN KOWA(Tanya Jawab Interaktif Dan Konsultasi Waris)
 H.ZAINUDDIN,M.H.I
 Drs.ABD RAHEM,M.Pd.I
             H.MUNASIR,M.H.I                                                                


PENANGGUNG JAWAB KEGIATAN                                             : Drs.H.KASPON,M.H.I



PENASIHAT                                                                                         : KEPALA KEMENAG 
                                                                                                                   KASI BIMAIS



Demikian sebuah gambaran program layanan informasi terhadap masyarakat, yang dikemas dengan APEL KUA(Aksi Pelayanan KUA). Dan selanjutnya Tim yang ditunjuk sesuai dengan kesepakatan rapat, dimohon untuk memperdalam materi menu layanan.Walaupun, Aksi Pelayanan KUA ini dikerjakan secara kolektif dan kolegial. Semoga para wali(konseler)diberi kekuatan dan hidayah al-taufiq.

                                                                                                    Situbondo,30 Januari 2018
Ketua Koordinator                                                                               Sekretaris




Drs.MOH.SALEH,M.H.I                                                                 H.BUHADI,M.H.I


No comments:

Post a Comment