LATAR BELAKANG
APEL
adalah sebuah akronim,yang diracik dari hasil curah gagasan dan diskusi mini
atas gagasan Bapak Kasi Bimais Kemenag Kabupaten Situbondo. Beliau punya cita-cita
besar,agar KUA punya kegiatan yang menyentu langsung kepada masyarakat. Dan
kegiatan tersebut diberi nama APEL KUA, yaitu Aksi Pelayanan KUA berupa layanan informasi terhadap masyarakat.
Untuk memberikan kepuasan
layanan informasi terhadap masyarakat, KUA sebagai ujung tombak Kementerian
Agama di tingkat Kecamatan perlu kiranya memberikan aksi pelayanan yang lebih efektif dan efesien yang meliputi nikah
dan rujuk, kemasjidan,keluarga sakinah, waris, produk halal, zakat, wakaf,
ibadah sosial, arah kiblat, haji dan
umroh, serta mensukseskan program Kasi Bimais Kemenag Kabupaten Situbondo pada
khususnya.Untuk itu seluruh Kepala KUA/Penghulu Sekabupaten Situbondo akan
mengadakan APEL(Aksi Pelayanan) KUA sebagai bentuk kegiatan pelayanan informasi
terhadap masyarakat.Ini merupakan bentuk keseriusan APEL KUA terhadap
peningkatan pelayanan publik, dan tentunya ini adalah tindak lanjut dari
lahirnya UU keterbukaan Informasi Publik(KIP)Nomor 14 Tahun 2008 dan UU
Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009.
Kegiatan ini dilaksanakan
seminggu sekali,yang berpusat di Alun-alun Situbondo dengan tehnik layanan
informasi dan silalaturrahmi bincang santai.Kegiatan ini, didesain dengan
gambaran sebuah warung lesehan yang menjual makanan dan minuman.Sehingga
pengunjung merasa betah dan puas menikmatinya, dan kegiatan ini diharapkan
dapat memberi dampak positif terhadap masyarakat dalam mencetak masyarakat
madani dalam berbangsa dan bernegara.
MENU LAYANAN HARGA
A. KOPI
(Konsultasi Proses Istbat) 0,0
Rupiah
B. KARAK(Kunsultasi
Arah Kiblat) 0,0 “
C. CEPAK(Chek
Up Pranikah) 0,0 “
D. SOSISKU(Solusi
Islam Seputar Keluarga) 0,0 “
E. LEMPER(Layanan
Edukasi Masalah Perkawinan) 0,0 “
F. TEH
ZAWA(Tentang Haji Zakat Dan Wakaf) 0,0 “
G. TAJIN
KOWA(Tanya Jawab Interaktif Dan Konsultasi Waris) 0,0 “
COSTUMER
SERVICE
Semua Kepala KUA/Penghulu
Sekabupaten Situbondo
SASARAN
Semua masyarakat,baik secara
indvidu atau berbentuk badan hukum.
TUJUAN
A. Memberikan
pemahaman, artinya para pemangku pelayanan mengupayakan pencerahan kepada
masyarakat (klein). Sehingga mereka mengerti secara tuntas terhadap problem
yang dialami.
B. Memberikan
solutif,artinya mencarikan jalan keluar yang positif dan bersifat rahmatan lil alamin. Sehingga dapat menyingkirkan persoalan yang secara potensial dapat mengganggu perkembangan kehidupannya.
C. Memberikan
bekal pengetahuan,agar selanjutnya dalam bertindak dan mengambil keputusan bagi
persoalan yang dihadapi lebih arif dan bijaksana.
JADWAL PIKET
Semua Kepala KUA/Penghulu Sekabupaten Situbondo
TIM AHLI
A. KOPI
(Konsultasi Proses Istbat)
Drs.H.KASPON,M.H.I
IMAMUL MUTTAQIN,M.H.I
H.BUHADI,M.H.I
B. KARAK(Kunsultasi
Arah Kiblat)
Drs,MOH.SALEH,M.H.I
JOS KHALIFAN,S.Ag
H.ABD.MUKTI,M.H.I
C. CEPAK(Chek
Up Pranikah)
Drs.H.TAJRI AHMAD,M.H.I
Drs.MASKUR
H.ABD.RASID,M.H.I
D. SOSISKU(Solusi
Islam Seputar Keluarga)
H.ABD.MUKTI,M.H.I
HASAN JAZULI,M.H.I
JOS KHALIFAN,S.Ag
E. LEMPER(Layanan
Edukasi Masalah Perkawinan)
IMRAN HANAFI,S.Ag
H.BUHADI,M.H.I
ERFANDI,SH
F. EH
ZAWA(Tentang Haji Zakat Dan Wakaf)
Drs.H.ALI TAJAB,M.Pd.I
H.MUHAMMAD HOLID,M.H.I
H.BUHADI,M.H.I
G. TAJIN
KOWA(Tanya Jawab Interaktif Dan Konsultasi Waris)
H.ZAINUDDIN,M.H.I
Drs.ABD RAHEM,M.Pd.I
H.MUNASIR,M.H.I
PENANGGUNG
JAWAB KEGIATAN : Drs.H.KASPON,M.H.I
PENASIHAT : KEPALA KEMENAG
KASI BIMAIS
Demikian sebuah gambaran
program layanan informasi terhadap masyarakat, yang dikemas dengan APEL
KUA(Aksi Pelayanan KUA). Dan selanjutnya Tim yang ditunjuk sesuai dengan kesepakatan
rapat, dimohon untuk memperdalam materi menu layanan.Walaupun, Aksi Pelayanan
KUA ini dikerjakan secara kolektif dan kolegial. Semoga para
wali(konseler)diberi kekuatan dan hidayah al-taufiq.
Situbondo,30 Januari
2018
Ketua
Koordinator Sekretaris
No comments:
Post a Comment